Senin, 21 Desember 2015

Curug Pelangi

CURUG PELANGI Banyak sekali alternative tempat wisata yang ada di Bandung, salah satunya adalah wisata air terjun, bagi wisatawan luar, Bandung tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya saja, maka tidaklah heran jika Bandung dijuluki sebagi Paris Van Java , dimulai dari wisata kuliner, fashion, rafting, panjat tebing, sampai wisata exstrim seperti rope jumping semuanya ada di Bandung, itulah alasan mengapa saya juga sangat mencintai Bandung, seperti quotes dari Pidi Baiq “ Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi “. Curug (sebutan untuk air terjun dalam Bahasa sunda) atau dulu lebih dikenal dengan sebutan Curug Cimahi memiliki ketinggian sekitar 87 m, dan merupakan salah satu curug tertinggi di daerah Bandung dan sekitarnya, jika menilik asal usul nama curug ini, nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu sungai Cimahi yang berhulu di situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Lokasi/Alamat Curug Pelangi Curug pelangi/Curug Cimahi terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat.
Aksebilitas Ada beberapa alternative jalan yang bisa dilalui untuk menuju tempat ini, karena saya sering menggunakan motor, saya lebih memilih untuk melewati Jalan Kolonel Masturi karena jaraknya lebih dekat dan ada juga yang melalui Jalan Cihanjuang/Parongpong. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari pusat Kota Bandung bisa melalui jalur Cihideung menuju Cisarua, melewati kawasan kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) lalu ke arah Jalan Sersan Bajuri dan kemudian Universitas Advent Indonesia untuk menuju ke terminal angkot Cisarua, Pintu masuk Curug pelangi sangat berdekatan dengan terminal angkot Cisarua. Sedangkan untuk yang menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan angkutan umum jurusan Ledeng-Sukasari (berangkat dari terminal Ledeng) setelah sampai di terminal Sukasari (Di depan Vila Istana Bunga) dapat diteruskan dengan berjalan kaki, Jika berangkat dari Kota Cimahi Jalur termudah adalah berangkat dari terminal pasar atas Cimahi jurusan Cimahi – Cisarua.
Fasilitas Curug Cimahi/Curug Pelangi Di sekitar masyarakat cimahi curug ini memang lebih populer dengan sebutan curug cimahi dibandingkan dengan curug pelangi, penamaan baru untuk curug pelangi mungkin dimaksudkan untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di tempat ini, menjadi tempat penghidupan bagi warga sekitar yang berjualan di sekitar wilayah curug tersebut, selain itu penambahan dan perbaikan fasilitas juga dimaksudkan untuk menarik wisatawan berkunjung ke tempat ini.
Akses dari gerbang menuju curug pelangi pun tergolong baik, kita harus melewati sekitar 400 anak tangga untuk dapat menikmati curug pelangi dari dekat, tak perlu khawatir terpeleset karena di sepanjang jalan menuju curug terdapat beberapa pegangan tangan yang terbuat dari kayu, disinipun kita masih bisa melihat beberapa ekor monyet jinak yang bergelantungan di pohon.
Dalam perjalanan menuju ke bawah kita bisa melihat beberapa tempat peristirahatan yang sengaja dibuat untuk wisatawan yang ingin menikmati curug dari jauh tanpa perlu repot-repot harus turun kebawah, disini kita bisa bersantai sambil melihat derasnya air terjun yang bercucuran. Fasilitas umum yang lainnya antara lain area parkir, pusat informasi, peta lokasi objek wisata, toilet, mushala, warung, dan tempat istirahat yang cukup. Saat ini, Curug Cimahi berada dibawah pengelolaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Catatan Citra | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy