Rabu, 13 Januari 2016

Stone Garden / Taman Batu Padalarang

STONE GARDEN
Berawal dari ajakan sebuah komunitas yang ada di Bandung Barat yaitu UBBAR ( Baca : Urang Bandung Barat ) untuk mengunjungi sebuat tempat wisata yang ada di padalarang, tanpa pikir panjang saya pun langsung mengiyakan ajakan tersebut, nah lo emang mau kemana ? * Stone Garden , dalem hati bergumam “ Yess Stone Garden, sebenernya udah lama baget pengen kesini cuma masa iya sendirian, ntar dikira kaya orang ilang * hoho , saat itu Stone Garden memang sedang naik daun maka kami pun sangat antusias untuk berkunjung kesana. Pagi itu kami bersepakat untuk berkumpul di depan BPR Nusamba Padalarang, sebelumnya kami hanya berkomunikasi lewat media social saja, dengan dibuatnya grup ini bertujuan untuk lebih mengenal Bandung Barat, ada beberapa yang memang sudah kenal , tapi kebanyakan memang wajah – wajah baru, itulah hal yang paling menyenangkan ketika kita berada di suatu komunitas , banyak temen, banyak sodara, dengan jurus andalan saya, Sok kenal Sok Dekat mulai lah kami berkenalan satu sama lain. Waktu sudah menunjukan pukul 08.00 akhirnya kami memutuskan untuk segera berangkat menuju Stone Garden Padalarang.
Tentang Stone Garden Stone Garden merupakan salah satu situs Geopark yang ada di wilayah Bandung Barat, terletak di puncak gunung pawon, memiliki luas sekitar 2,5 hektar, beralamat di kampung Giri Mulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Stone Garden merupakan saksi bisu dari terbentuknya danau purba pada zaman purbakala dahulu, berabad-abad yang lalu, kawasan ini merupakan sebuah lautan dangkal yang terangkat ke atas dikarenakan adanya aktivitas bumi dan pergeseran lempeng maka terangkatlah ke permukaan dan menjadi tebing bukit kapur seperti sekarang, tapi kini hamparan tanah yang dihiasi dengan formasi batuan yang tak beraturan itu membentuk sebuah taman alam yang menakjubkan. Ketika pertama kali melewati pintu masuk kita akan disuguhkan dengan jalan yang sedikit menanjak, setelah sampai di puncak mata kita akan dimanjakan dengan bentangan alam yang indah, pemandangan sawah, bukit – bukit kapur yang menjulang tinggi, secara tekstur bebatuan yang ada di stone garden bentuknya tajam, jadi kita harus exstra hati – hati, bergelombang, berlubang, lebih mirip seperti batu karang, hal yang sangat disayangkan adalah aktivitas penambangan batu kapur, asap hitam yang cukup pekat sangat mengganggu pemandangan di sekitar Stone Garden, bukit – bukit yang ada di sekitarnya juga sudah terexsploitasi secara habis – habisan. Jika ingin berkunjung ke Stone Garden akan lebih baik jika datang di pagi hari , udara yang masih segar, cerobong asap yang belum terlalu mengepul, dan kita bisa terhindar dari teriknya sinar matahari.
Harga Tiket Masuk Stone Garden Untuk dapat menikmati keindahan Stone Garden kita cukup merogoh kocek sebesar Rp. 5.000/orang, (belum termasuk tarif parkir) tidak ada batasan waktu untuk mengunjungi Stone Garden ini. Fasilitas umum lainnya seperti toilet, parkir, Mushola, Pondok/Gazebo dan warung. Aksesbilitas Jika menggunakan mobil dari arah Kota Bandung ataupun dari luar kota bisa menggunakan jalan tol Purbaleunyi keluar di tol Padalarang, ketika keluar jalan tol patokannya adalah kawasan Kota Baru Parahyangan, begitupun juga jika menggunakan sepeda motor, kemudian ikuti jalan menuju ke arah Cipatat – Gunung Masigit, nanti akan melewati Situ Ciburuy dan beberapa pabrik pengolahan batu kapur, jalan yang dilalui agak sedikit berkelok – kelok maka hendaklah berhati - hati, di sisi kanan jalan ada masjid Al Ikhlas yang di sampingnya ada jalan dengan papan petunjuk Stone Garden & Gua Pawon. Dari sini, kendaraan bisa masuk terus hingga sampai di pelataran parkir tepat di kaki gunung Masigit. Dari area parkir menuju Stone Garden cukup berjalan menanjak tidak sampai 10 menit. Jika masih bingung kita bisa memanfaatkan teknologi smartphone ataupun bertanya kepada warga sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Catatan Citra | Powered by Blogger | Design by Enny Law - Supported by IDcopy